Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP)

By Pranti Dwi Astuti, S.T.P. 29 Okt 2020, 11:36:46 WIB Teknologi
Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP)

Kompetensi Keahlian APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) adalah jurusan baru di SMK N 1 Pringgasela, yakni dimulai pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Kompetensi ini mempelajari bagaimana pengolahan hasil tani menjadi suatu produk hingga penjualan produk tersebut. Tujuan Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam Mengenal Komoditas Hasil Pertanian, Menerapkan Dasar Pengolahan Dan Pengawetan Bahan Hasil Pertanian, Mengolah Bahan Hasil Pertanian Menjadi Produk Olahan, Memahami Konsep Pengendalian Mutu Bahan Hasil Pertanian, Mengelola Usaha Mandiri Pengolahan Hasil Pertanian Dan Menerapkan Prosedur Produksi Yang Baik (GMP). Serta Pemahaman K3LH, Sanitasi Dan Pengelolaan Limbah.

MATA PELAJARAN PRODUKTIF KOMPETENSI KEAHLIAN APHP :

  • Dasar Penanganan Bahan Hasil Pertanian
  • Dasar Proses Pengolahan Hasil Pertanian
  • Dasar Pengendalian Mutu Hasil pertanian
  • Produksi Pengolahan Hasil Nabati
  • Produksi Pengolahan Hasil Hewani
  • Produksi Pengolahan Komoditas Perkebunan dan Herbal
  • Keamanan Pangan, Penyimpanan dan Penggudangan
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

VISI MISI KOMPETENSI KEAHLIAN APHP :

VISI

Menjadi Program Kompetensi Keahlian yang memiliki integritas, kompetensi dan kompetitif serta menghasilkan lulusan pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian yang Cerdas, Terampil, Berkarakter dan Berakhlak Mulia.

MISI

  1. Meningkatkan Mutu PBM pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian baik teori dan praktik dengan cara mempertajam spesialisasi Kompetensi dan penguasaan teknologi.
  2. Menyiapkan lulusan Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian menjadi manusia yang siap untuk diterjunkan ke industri Pengolahan Hasil Pertanian atau industri mandiri.
  3. Menciptakan iklim kerja yang profesional, mengedepankan kreativitas dan membentuk etos kerja yang baik

APHP versus pertanian. Apa sih bedanya? Sesuai dengan namanya. APHP menitikberatkan pada kajian keilmuan pemanfaatan pascapanen. Sedangkan pertanian lebih fokus pada kajian ilmu sejak pembenihan hingga panen/pascapanen. Di APHP dipelajari tentang penanganan dan teknologi pascapanen, contoh pengolahan biji-bijian, serealia, umbi-umbian, daging, dan perikanan menjadi suatu produk yang mempunyai daya simpan lama beserta cara pengemasan dan pelabelannya. Praktiknya pun lebih banyak di laboratorium pengolahan. Berbeda dengan jurusan pertanian yang banyak mempelajari tentang budidaya, hama, dan penyakit tanaman.

Bidang pekerjaan/jabatan lulusan dari APHP: pertama, wirausaha penanganan, dan pengolahan hasil pertanian. Kedua, profesi teknisi untuk bidang (teknisi produksi/teknologi hasil pertanian, teknisi pengemasan, penyimpanan dan penggudangan, teknisi pengendalian mutu produk dan laboratorium, serta supervisor di industri pengolahan hasil pertanian).

Guru Produktif di APHP:

  1. Pranti Dwi Astuti, S.T.P.
  2. Hidayatul Fitri, SP
  3. Mahmuludin, SP



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment