Pengolahan Es Krim Rosella [APHP]

By Pranti Dwi Astuti, S.T.P. 29 Okt 2020, 11:39:06 WIB Teknologi
Pengolahan Es Krim Rosella [APHP]

Pangan fungsional adalah pangan yang karena kandungan komponen aktifnya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, di luar manfaat yang diberikan oleh zat-zat gizi yang terkandung di dalamnya (Astawan, 2011). Rosella merah (Hibiscus sabdariffa L) merupakan tanaman yang berkembang biak secara generatif. Rosela memberikan efek manfaat seperti menurunkan asam urat (gout), meredakan peradangan sendi (arthritis), merangsang selera makan, meningkatkan sistem syaraf dan dapat meningkatkan daya ingat, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi (hypertensi), melancarkan buang air kecil (diuretic), sebagai anti inflammantory yang kuat, mempunyai unsur antipyretic yang menurunkan panas dalam, mempercepat pemecahan darah beku di otak, kandungan asiaticoside (triterpene glycoside) dalam merangsang pembentukan lipid dan protein yang amat berguna untuk kesehatan kulit. Rosella saat ini dikenal sebagai pangan fungsional yang belum banyak dipergunakan di Indonesia.

Beberapa dekade terakhir, pemanfaatan Rosela semakin banyak sehingga diversifikasi produk semakin melimpah. Hanya saja dalam bentuk suplemen atau ekstrak kurang disukai oleh konsumen dengan rentang usia di bawah 18 tahun. Sedangkan manafaat meningkatkan daya ingat dapat diambil dari Bunga Rosella untuk meningkatkan potensi belajar siswa di bawah usia 18 tahun. Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) SMK Negeri 1 Pringgasela memproduksi Es Krim Rosella sebagai solusi dari permasalahan tersebut di atas. Dengan fortifikasi pangan fungsional pada es krim diharapkan konsumen dengan usia sekolah dapat menikmati makanan yang kaya akan manfaat.

Pengolahan produk es krim Rosella ini dilakukan oleh kelas XII APHP dengan bahan dasar santan, gula pasir, Rosella, tepung sagu, garam dan beberapa bahan lain. Satuan operasi yang digunakan adalah ekstraksi, pemanasan, pencampuran, dan pendinginan. Untuk pembuatan es krim, agar tekstur bahan lembut karena tidak memakai susu, maka dilakukan mixer secara bertahap. Hasil akhir dikemas dengan cup kecil. Kenampakan produk dengan warna merah, rasa segar dan tekstur lembut akan menambah selera konsumen untuk mengkonsumsi.

Berikut proses praktik pengolahan Es Krim Rosella pada saat Pandemi.

Astawan M. 2011. Pangan Fungsional untuk Kesehatan yang Optimal. Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 23 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment